Sabtu, 05 Desember 2009

Membuat Banner Sendiri

Memiliki blog seperti memiliki buku harian pribadi. Pasti pemiliknya ingin blognya memiliki ciri atau sentuhan yang khas sesuai karakter atau keinginannya. Ehm, seperti blog ini, aku lagi suka warna merah dan aku ingin blogku terlihat simple, tetapi enak dilihat. Kebetulan aku pernah men-download gambar vektor bunga. Aku utak atik, jadi d templateku seperti ini, punya banner yang berbeda dengan blog lainnya. Untuk saat ini, aku cukup puas dengan tampilan banner ini. Mungkin, teman-teman ada yang ingin memiliki banner template sesuai keinginan sendiri? Coba d tips berikut, aku buat di photoshop cs. Silakan mencoba, mohon komentarnya y untuk perbaikan pembelajaran aku juga teman-teman yang lain..

Langkah pertama, aku buka gambar vector bunga yang aku download di www.shutterstock.com.

Aku pilih Magic Wand tool (W) dan menyorot background gambar yang berwarna putih. Klik Select > Save selection, aku beri nama A. Hal ini berguna untuk menyimpan gambar yang sudah aku seleksi. Jika aku membutuhkan kembali seleksi tersebut, cukup klik select > load selection pada chanel yang aku namai A sebelumnya.

Pilih Eyedropper tool (I) dan aku ubah warna background menjadi pink, misalnya. Tekan delete dan warna background sudah berubah menjadi pink.

Klik Select > Inverse untuk menyeleksi gambar bagian dalam atau gambar bunganya. Pilih Eyedropper tool (I) dan sekarang aku ubah warna background menjadi putih kembali. Tekan delete dan sekarang warna bunga telah menjadi putih.

Banner biasanya memiliki ukuran kira-kira 700 pixel × 100 pixel. Karena aku menggunakan ukuran inci, maka aku perkirakan ukurannya menjadi 8 inci × 3 inci. Klik Image > Image Size, kosongkan tanda centang Constrain Proportions, agar ukuran tidak otomatis proporsional alias gambar bungaku menjadi “twewewww”, :D. Aku ubah ukuran width menjadi 8 dan height menjadi 3. Hasilnya gambarku tidak proporsional lagi. Tapi jika dari awal kamu sudah membuat halaman kosong berukuran 17 inci × 3 inci, maka tahap ini tidak perlu kamu lakukan.

Klik Image > Canvas Size untuk menambah area gambar. Aku tambah area di samping kiri menjadi 17 inci. Klik pada panah yang menunjuk ke arah kanan. Klik Select > Load selection dan pilih A, OK. Tekan shift dan sorot pada bagian kiri gambar untuk menyeleksi seluruh background.

Pilih set foreground color, aku ubah warna foreground menjadi merah dan pada set background color, aku ubah menjadi merah muda.

Pilih Gradient tool kemudian aku pilih linear gradient. Aku tarik sedikit dari tengah gambar ke kanan bawah, hasilnya seperti berikut.

Aku drag layer background ke kotak bawah, hasilnya akan ada layer baru berupa background copy. Klik select > Inverse dan delete, hasilnya pada layer background copy hanya akan terdapat gambar bunga putih.

Aku pilih move tool (V) untuk menggeser gambar background copy ke arah kiri, aku putar sedemikian rupa hingga terbentuk seperti berikut.

Ubah Opacity gambar menjadi 25% sehingga gambar menjadi transparant. Nah, sudah hampir selesai... Aku save gambar terlebih dahulu dalam bentuk PDS, yang memiliki banyak layer, agar bisa mengutak atiknya di lain waktu jika aku mau. Baru klik Layer > Flatten image untuk menyatukan kedua layer.

Untuk menyimpan gambarnya, aku klik File > Save for web, kemudian aku ubah width pada image size menjadi 1500 pixels, klik apply. Save, beri nama gambar dan save kembali.

Nah, inilah hasil bannerku, selamat menikmati blogku yah… (Saran dan kritik pembelajarannya ku tunggu yaks..)


0 komentar:

Posting Komentar

 

©2009 My True Color's | by TNB